Assalamu’alaikum, Ahlan wa sahlan. ya akhii “Tidaklah hidup ini melainkan perjuangan yang benar-benar harus di fikirkan tidak sekedar hidup dan berjalan namun bagai mana kita dapat hidap di jalan yang Alloh ridhoi, maka jika kita menghendaki hidup dijalan yang Alloh ridhoi, maka pilihlah jalan ISLAM.” -PPR-
Senin, 22 April 2013


Larangan berbicara pada waktu khutbah, boleh berbicara dengan khotib apabila ada masalah.


1. SM: I: 374:11

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ : أَنَّ رَسُولَ اللهِ قَالَ: إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبْكَ :أَنْصِتْ يَوْمَ الْجُمْعَةِ وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ.

Dari Abu Huroiroh ra: Rasulullah  telah berkata: Apabila kamu berkata kepada temanmu: diamlah pada hari Jum’at padahal imam sedang khutbah, maka sungguh-sungguh telah sia-sia.

2.SM: I: 374:12

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  عَنِ النَّبِيَّ قَالَ: إِذَا قُلْتَ بِصَاحِبْكَ: أَنْصِتْ يَوْمَ الْجُمْعَةِ وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغِيْتَ.

Dari Abu Huroiroh ra, dari Nabi  telah berkata: Apabila kamu berkata kepada temanmu, diamlah pada hari Jum’at, sedangkan imam sedang khutbah, maka sungguh telah berbuat sia-sia

3. SAD: I: 263: 1112

عَنْ أَبِى هُرَيْرَهَ  أَنَّ رَسُولَ اللهِ  قَالَ: إِذَا قُلْتُ أَنْصِتْ وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ

Dari Abu Huroiro ra: Sesungguhnya Rasulullah  telah berkata: Apa bila kamu berkata: diamlah padahal imam sedang khutbah, maka sungguh telah sia-sia.

4. JSH: II: 12:511

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  :أَنَّ رَسُولَ اللهِ  قَالَ: مَنْ قَالَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ أَنْصِتْ فَقَدْ لَغَا.

Dari Abu Huroiroh ra: Sesungguhnya Nabi  berkata: Siapa saja yang berkata pada hari Jum’at’ padahal imam sedang khutbah, diamlah maka sungguh-sungguh telah berbuat sia-sia

5. SB: I: 1: 224

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ  أَنَّ رَسُولَ اللهِ  قَالَ: إِذَا قُلْتَ لِصَاحِبْكَ يَوْمَ الْجُمْعَةِ أَنْصِتْ وَاْلإِمَامُ يَخْطُبُ فَقَدْ لَغَوْتَ.

Dari Abu Huroiroh ra: Sesungguhnya Rasulullah  telah berkata: Apabila kamu berkata kepada temanmu pada hari

Jum’at, diamlah! Padahal imam sedang khutbah maka sungguh-sunguh telah berbuat sia-sia.


Keterangan.

Hadits-hadits diatas menunjukkan bahwa: Apabila kita ngobrol atau menegur orang yang sedang berbicara/ngobrol dengan kata-kata diamlah, maka dianggap Jum’at-nya sia-sia.









0 komentar :

Poskan Komentar